POLITEKNIK
Kelautan dan Perikanan
KUPANG

Mekanisasi Perikanan

VISI Program Studi Mekanisasi Perikanan

Menjadi Program Studi terkemuka dan unggul dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten, berkarakter, Unggul dan berdaya saing dalam bidang  Mekanisasi Perikanan

MISI Program Studi Mekanisasi Perikanan

  • Menyelenggaran pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing dibidang mekanisasi perikanan yang dilandasi dengan etika moral dan disiplin untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja mekanisasi perikanan di dalam dan luar negeri.
  • Melaksanakan dan mengembangkan penelitian terapan mekanisasi perikanan untuk menunjang kegiatan pendidikan serta transfer IPTEK guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam penerapan inovasi teknologi mekanisasi perikanan atas dasar tanggungjawab sosial kepada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan prinsip kemitraan yang berkelanjutan dengan seluruh stakeholders baik ditingkat lokal, nasional, maupun internasional

Program Studi Mekanisasi Perikanan menerapkan Pendidikan Vokasi Berbasis Teaching Factory (30 % Teori dan 70 % Praktek), dengan lama pendidikan 3 Tahun (6 Semester), menerapkan Kurikulum Pendidikan Berbasis Kompetensi (KBK), Menerapkan Pembelajaran dengan sistem BLOK (BULAT, UTUH, dan TUNTAS), dan Menerapkan Sistem Gugur Pada Setiap Semester Berdasarkan Nilai Akademik dan  Nilai Kepribadian.  Fasilitas pendidikan Program Studi Mekanisasi Perikanan,  yaitu ruang Kelas (dilengkapi dengan PC Komputer, LCD dan Layar LCD), Bengkel Mekanisasi, dan Teaching Factory Mekanisasi Perikanan).

Kompetensi keahlian yang dicapai pada setiap semester, yaitu:

Semester I

Pengembangan Kepribadian, dengan Mata Kuliah Wajib Umum yaitu Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia dan Mata Kuliah Wajib Program Studi : Bahasa Inggris, Matematika, Statistik Terapan, Fisika Terapan, Informatikan Terapan.

Semester II

Pengembangan Wawasan Kelautan dan Perikanan, dengan Mata Kuliah Wajib Program Studi yaitu Dasar – Dasar Budidaya Perikanan, Teknik Penulisan Ilmiah, Dasar – Dasar Pengolahan Produk Perikanan, Ilmu Bahan, Bahan Bakar, dan Pelumas, Lingkungan dan Pencegahan Pencemaran Perairan, Peraturan dan Perundang – Undangan Perikanan, Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja (K3). Pada semester II dilaksanakan Praktek Kerja Lapang I melalui Field Trip Terintegrasi untuk  Peningkatan Wawasan Kelautan dan Perikanan Pada Industri Mekanisasi Perikanan.

Semester III

Kompetensi Keahlian Motor Bensin, dengan Mata Kuliah Wajib Program Studi yaitu Manajemen Bengkel Perikanan, Teknologi Mekanik, Thermodinamika dan Transmisi Panas, Teknik Listrik, Mekanika dan Hidrodinamika, Motor Bensin. Pada semester III dilaksanakan Praktek Kerja Lapang II untuk Peningkatan Kompetensi Keahlian Motor Bensin.

Semester IV

Kompetensi Keahlian Mekanisasi Budidaya Perikanan, dengan Mata Kuliah Wajib Program Studi yaitu Menggambar Teknik, Pengukuran Teknik, Ekonomi Teknik, Motor Diesel, Perawatan dan Perbaikan Motor, Mekanisasi Budidaya Perikanan. Pada semester IV dilaksanakan Praktek Kerja Lapang III untuk Peningkatan Kompetensi Keahlian Mekanisasi Budidaya Perikanan.

Semester V

Kompetensi Keahlian Mekanisasi Pengolahan Produk Perikanan, dengan Mata Kuliah Wajib Program Studi yaitu Motor Listrik, Sistem Pengendalian dan Otomatis, Mesin Pendingin, Kewirausahaan, Mekanisasi Pengolahan Produk Perikanan. Pada semester V dilaksanakan Praktek Kerja Lapang IV untuk Peningkatan Kompetensi Keahlian Mekanisasi Pengolahan Produk Perikanan.

Semester VI

Kompetensi Berkehidupan Bermasyarakat, dilaksanakan Kerja Praktek Akhir (KPA) Pada Dunia Usaha dan Dunia Industri Kelautan dan Perikanan serta Instansi Pemerintah (BKIPM, SKIPM, dan Laboratorium Penyakit Ikan) Untuk Penyusunan Tugas Akhir dalam Bentuk Karya Ilmiah Praktek Akhir (KIPA). Pada semester VI terdapat Mata Kuliah Pilihan Minat yaitu Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang.  Taruna Program Studi Mekanisasi Perikanan juga dibekali dengan Sertifikat Kompetensi Keahlian Mekanisasi Perikanan   dan Sertifikat Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja (K3).

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email